Blogroll

Rabu, 04 September 2013

Layanan-layanan Internet

Berikut ini terdapat beberapa macam layanan di internet:
  1.  WWW (World Wide Web)
WWW sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.
WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).
Layanan ini menyediakan informasi yang dapat diakses dan ditampilkan secara langsung di computer client dengan menggunakan protikol HTTP (HyperText Transfer Protocol)  dan aplikasi browser internet.
  2.  FTP (File Transfer Protocol)
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan download  dan upload berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP.
 Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.
  3.  E-mail (Electronic Mail)
E-mail atau surat elektronik adalah fasilitas yang digunakan kirim mengirim surat melalui jaringan internet. Pengguna internet yang ingin memanfaatkan layanan ini harus harus mendaftar (melakukan registrasi) pada komputer server penyedia layanan e-mail. Setelah mendaftar e-mail pengguna akan mendapatkan alamat e-mail yang dapat diakses dengan memasukkan nama pemakai (user name) dan kata sandi (password), usrename dan kata sandi dapat dipilih oleh pengguna saat registrasi.
  4.  Milist (Mailing List)
Milist merupakan sebuah alamat e-mail yang di dalamnya berisi kumpulan alamat e-mail anggotanya. Jika mengirim pesan ke sebuah milist, pesan akan terkirim ke semua anggota milist tersebut. Milist digunakan untuk sarana berdiskusi di internet. Sebuah milist dapat diproteksi sehingga anggota-anggotanya saja yang bisa mengirim pesan ke milist tersebut.

  5.  Newsgroup atau kelompok diskusi
Merupakan layanan untuk menyampaikan pendapat atau memberikan tanggapan atas topik tertentu. Pendapat atau tanggapan di newsgroup dapat dibaca oleh semua penggunanya. Pesan tidak dikirim ke alamat e-mail anggota, melainkan langsung ditampilkan di halaman newsgroup tersebut. Anggota yang akan mengirim komentar atau tanggapan akan membuka halaman newsgroup tersebut dan langsung menuliskan di halaman tersebut.
  6.  Telnet
Telnet digunakan untuk mengakses data di komputer lain di internet dan menjalankan program-program di dalamnya. Pengguna harus melakukan registrasi di komputer server untuk dapat mengakses layanan ini.
  7.  Gopher
Merupakan layanan berbasis teks yang dikembangkan di University of Minnesota. Layanan gopher ini sekarang sudah tergantikan  oleh layanan WWW yang yang mampu menampilkan aspek grafis, tidak hanya teks.
  8.  Chatting
Chatting adalah fasilitas internet yang memungkinkan pemakai dapat melakukan pembicaraan langsung dengan pemakai lain dengan menggunakan keyboard. Syarat utama dalam melakukan chatting adalah lawan yang akan diajak untuk bicara harus dalam keadaan online pada chatting internet.
  9.  VoIP (Voice over Internet Protocol)
VoIP merupakan layanan untuk menelpon melalui internet. Cara ini dapat menghemat pulsa interlokal/internasional karena akses internet hanya menggunakan pulsa telepon lokal.
10. E-Commerce
E-Commerce merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk melakukan transaksi perdagangan melalui internet. Cara melakukan transaksi di internet adalah dengan memanfaatkan fasilitas di mana terdapat website yang menyediakan layanan “Get and Deliver”.
Melalui fasilitas E-Commerce kita dapat melakukan transaksi perdagangan secara global dan mendunia.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *